Xiaomi Buat Smartphone dilengkapi Panel Surya Tanpa Perlu dicharge

Vendor ponsel asal China, Xiaomi, dikethau beberapa waktu lalu berusaha menciptakan sebuah inovasi baru. Perusahaan tersebut diketahui sedang mempersiapkan ponsel yang tidak perlu di-charge karena dilengkapi dengan panel surya yang bisa mengisi daya baterai. Hal ini terungkap dari paten yang didaftarkan Xiaomi.

Rancangan untuk ponsel itu sendiri secara keseluruhan memiliki tujuh sketsa. Mulai dari tampak depan, samping, dan juga belakang. Pada bagian depan, ponsel tersebut nampak seperti smartphone kebanyakan. Dimana memiliki layar luas dengan bingkai tepian tipis yang membuat smartphone ini tampak penuh oleh layar.

Rancangan untuk bagian samping pun terlihat tidak memiliki perbedaan dengan ponsel kebanyakan. Pada satu sisi terdapat sebuah tombol power dan volume, dan sisi lainnya memiliki slot untuk memasukan kartu SIM.

Perbedaan baru bisa terlihat jelas pada rancangan punggung smartphone. Terdapat sebuah panel tenaga surya yang menutupi lebih dari setengah ukuran bodi ponsel. Panel pada ponsel tersebut nantinya bisa menghasilkan energi listrik untuk baterai. Kamera ganda yang disusun vertikal, terlihat pada bagian atas panel surya. Desain ini mengingatkan pada desain smartphone Redmi Note 6.

Dikutip dari Letsgodigital, paten tersebut sudah diajukan sejak Juli 2018 lalu namun hingga kini belum diketahui apakah Xiaomi benar-benak akan memproduksi ponsel itu dalam waktu dekat. Sebelumnya, bukan hanya Xiaomi yang memiliki ponsel dengan panel surya yang disematkan pada ponsel. Caviar, sebuah perusahaan asal rusia juga pernah merilis iPhone X Tesla tahun lalu. Ponsel itu memiliki alternatif sebagai sumber tenaga. Pada 2010 pun, LG pernah merilis aksesoris yang memungkinkan ponselnya tersebut memanfaatkan tenaga surya.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/08/06/11105637/xiaomi-bikin-smartphone-tanpa-perlu-di-charge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *