Menyusul Fitur Terbaru iPhone 11 akan Hadir di iPhone XR, XS, dan XS Max

Apple baru saja melakukan perilisan iPhone 11  pada pertengahan September lalu. Banyak peningkatan yang terjadi pada ponsel seri terbaru tersebut, namun yang paling menonjol ada pada sektor kamera. Terdapat fitur kamera terbaru yang disematkan yaitu multi kamera recording (perekaman multi kamera). Fitur ini akan membuat perekaman video bisa dilakukan dengan kamera depan dan kamera belakang, yang terdiri lagi dari beberapa mode seperti wide, ultra wide, dan tele.

Kabar terbaru mengatakan bahwa fitur ini akan hadir pula pada seri iPhone 2018 seperti iPhone XS, XS Max, XR, hingga iPad Pro 2018, bersamaan dengan pembaruan iOS 13 yang direncanakan pada 19 September. Namun kemampuan pada iPhone 2018 ini hanya akan terbatas dengan menggunakan dua jenis kamera secara bersamaan.

Penggunaan dua kamera ini seperti tele dan wide belakang atau menggunakan kombinasi lainnya. Walau fitur ini datang bersamaan dengan peluncuran iOS 13 terbaru, namun fitur ini bukanlah fitur bawaan melainkan berupa dukungan dari aplikasi pihak ketiga yang bernama Filmic Pro.

Apple juga sebelumnya sudah mewanti-wanti perusahaan pengembang mengenai fitur yang akan dibawanya tersebut. Pasalnya, ini akan berpengaruh pada prosesor. Apakah fitur tersebut akan menambahkan filter atau augmented reality (AR). Sudah pasti membutuhkan perangkat yang mumpuni. Apple juga akan membatasi video hanya sampai resolusi rendah, tidak sampai 4K.

Dilansir dari Gizmodo, hingga saat ini belum diketahui berapa banyak jenis kamera yang bisa digunakan untuk bisa merekam secara bersamaan dengan fitur ini di iPhone 11. Namun yang jelas, pembatasan dilakukan untuk iPhone XR, XS, dan XS Max dengan mengkombinasikan dua jenis kamera.

 

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/18/07080027/fitur-baru-iphone-11-hadir-di-iphone-xr-xs-dan-xs-max.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *