Panel Surya Terbalik Alat Canggih yang Bisa Ubah Kegelapan Menjadi Listrik

Seperti kita ketahui, panel surya merupakan sebuah sumber daya terbarukan yang bisa menyerap energi matahari lalu menyimpannya untuk digunakan sebagai energi listrik. Panel surya dibuat untuk mengurangi eksploitasi dari bahan bakar fosil dan yang lebih terpenting lagi adalah ramah lingkungan.

Penelitian baru-baru ini menciptakan sebuah alat baru yang terinspirasi dari panel surya namun memiliki konsep yang berbeda. Panel tersebut diberi nama panel surya terbalik, ini karena memiliki konsep yang terbalik dari panel surya. Energi yang didapatkan adalah dari kegelapan.

Metode yang digunakan untuk panel surya terbalik ini adalah Radiative Cooling (pendingin radiasi). Para peneliti menggunakan alat seharga 30 dollar tersebut yang dapat menyalakan lampu LED. Alat berbentuk piringan berwarna hitam dengan diameter 20 sentimeter ini dihubungkan pada generator termoelektrik. Panas dari bumi mengalir ke udara, lalu udara tersebut mencapai generator termoelektrik lalu ke piringan alumunium.

Piringan alumunium tersebut apda akhirnya memancarkan panas ke atas. Alat ini dites di California, listrik sebesar 25 miliwatt per metter persegi dari piringan itu cukup untuk menyalakan satu lampu LED kecil. Kelebihan lainnya pada alat ini adalah dapat menyerap panas dari radiasi matahari pada siang hari.

Asisten Profesor Ilmu dan Teknik Material di University of California, Aaswath Raman, berpendapat bahwa penemuan ini belum sebanding dengan energi matahari yang bisa menghasilkan energi 100 kali lebih banyak. Namun alat ini juga memiliki beberapa keunggulan seperti harga yang lebih murah, dapat beroperasi lebih lama daripada baterai, dan juga menyediakan cara untuk menghasilkan listrik tanpa energi surya.

 

Sumber :

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4064499/canggih-alat-ini-mampu-hasilkan-energi-listrik-dari-kegelapan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *