Peraturan Blokir IMEI Sudah Sah Ponsel Curian akan No Signal

Peraturan dan pengesahan regulasi mengenai pemblokiran ponsel ilegal (black maekrt/BM) melalui Identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) telah resmi disahkan oleh tiga kementrian di Jakarta, Jumat (18/10/2019). Hal ini sudah tercantum dalam Peraturan Menteri (Permen) Kominfo nomor 11 tahun 2019 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkay Telekomunikasi.

Hal ini juga berhubungan dengan ponsel curian yang nantinya akan berubah menjadi ‘no signal’. Ini berarti, mereka yang ponselnya dicuri bisa melaporkan kehilangan perangkat kepada penyedia layanan operator seluler agar bisa dimasukkan ke dalam “Daftar Hitam”. Hal ini tercantum di ayat pertama pada pasal 9.

Lewat identifikasi nomor IMEI, operator akan memblokir ponsel curian sehingga tidak akan bisa tersambung ke jaringan seluler. Walau ponsel curian masih bsia tersambung ke jaringan non-seluler seperti WiFi, namun dengan diblokir dari jaringan seluler, setidaknya nilai dan kegunaannya akan berkurang drastis dan akan otomatis akan mengurangi minat pembeli ketika dijual kembali.

Walau begitu, blokir ini bisa dibuka kembali apabila pemilik asli yang sah berhasil menemukan atau mengembalikan ponselnya. Caranya cukup mengajukan IMEI perangkat terkait ke operator agar dikeluarkan dari black list blokir.

Untuk cara mengecek IMEI perangkat, pemerintah nantinya akan menyediakan situs khusus untuk mengecek apakah IMEI perangkat sudah terdaftar di database atau belum. Sejak disahkan, peraturan menteri tentang pemblokiran ponsel BM lewat IMEI ini akan mulai berlaku dalam waktu 6 bulan sejak tanggal penandatanganan. Ini berarti regulasi baru akan berlaku efektif pada 18 April 2020.

Bagi anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan hanya bermodalkan memainkan berbagai permainan, maka anda bisa mendaftarkan diri anda pada agen sbobet terpercaya. Dengan modal yang terjangkau, anda bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan yang sudah pasti tidak akan anda dapatkan pada situs lain. Maka daftarkan diri anda sekarang juga dan dapatkan berbagai macam bonus.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/19/17170027/aturan-blokir-imei-resmi-ponsel-curian-bakal-no-signal?page=2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *