18 Tahun Beroperasi Apple Akhirnya Pensiunkan iTunes

Sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya di forum online Reddit, Apple akhirnya resmi untuk memensiunkan iTunes. Pengumuman penghentian iTunes ini dibuat Apple di ajang konferensi tahunan Apple Worldwide Developer Congress (WWDC) yang diadakan pada Senin (3/6/2019). iTunes sendiri nantinya akan digantikan oleh tiga aplikasi terpisah seperti Music, TV, dan Podcast.

iTunes sendiri pertama kali diperkenalkan 18 tahun yang lalu pada 2001 yang berfungsi sebagai aplikasi pemutar media dan library, namun setiap tahun fiturnya kian bertambah. Langkah pengehentian iTunes ini diambil Apple untuk menyelaraskan macOS (PC/laptop) dengan iOS (mobile). Selain itu juga Apple sedang meningkatkan layanan eksisting Apple seperti Apple Music dan Apple TV Plus yang akan datang.

Diketahui juga konten yang sebelumnya muncul di laman Facebook iTunes mulai bermigrasi ke lama Facebook Apple TV. Tak hanya konten, bahkan 30 jutaan “like” dan konten pertama iTune yang dibuat pada 2009. Bukan hanya Facebook, ini juga terjadi di akun Instagram iTunes. Akun tersebut mengarahkan pengguna untuk mengikuti akun Apple TV.

Dilansir dari MacRumors, beberapa penguna menemukan bahwa tautan lagu dan artis di iTunes secara langsung diarahkan ke situs music.apple.com. Selain itu, Apple juga tampaknya sedang memproses pemindahan tautan iTunes ke tautan spesifik sesuai kategori  seperti apps.apple.com, podcast.apple.com, tv.apple.com, movie.apple.com, dan books.apple.com.

Belum diketahui informasi lebih lanjut seperti apakah aka nada perubahan yang berdampak pada pembelian musik, film, atau serial TV yang sebelumnya bisa dilakukan di iTunes atau tidak. Sebelumnya para pengguna iOS memang mengeluhkan iTunes yang terlalu gemuk karena terlalu banyak fitur.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/04/07132637/apple-resmi-pensiunkan-itunes