Mitos pada Teknologi yang Tak Sepenuhnya Benar

Banyak sekali mitos yang terjadi pada dunia teknologi dan juga sering dianggap benar. Padahal mitos tersebut tidak didukung dengan fakta ilmiah yang jelas. Walau begitu, masih banyak yang percaya.

Contohnya adalah mitos mengenai bahaya mengisi daya ponsel semalaman. Kali ini kamu akan membagikan informasi yang dikutip dari Business Insider.

  1. Komputer Mac kebal terhadap virus. Banyak orang yang percaya bahwa perangkat Mac merupakan teknologi yang bebas akan virus. Namun dalam beberapa tahun terakhir produk Apple tersebut mulai menjadi sasaran para pengembang

 

Contohnya adalah virus Trojan yan mengjangkiri ribuan perangkat Mac pada 2012. Serangan malware ini meningkat drastis. Ransomware juga dikabarkan mulai menyasar ke perangkat Mac. Serangan malware bernama KeRanger in merupakan yang pertama kali di perangkat Mac.

 

  1. Baterai akan cepat rusak jika diisi terus menerus. Faktanya tidak ada bukti ilmiah yang mengatatakan bahwa mengisi daya secara berlebihan bisa merusak baterai. Padahal baterai lithium-ion memiliki kemampuan untuk berhenti mengisi daya ketika baterai sudah penuh.

 

  1. Pengisian daya iPhone dilakukan setelah baterai habis. Apple membantah hal ini. Perusahaan asal Cupertino ini menuturkan bahwa baterai pada iPhone memungkinkan pengguna mengisi daya kapan saja.

 

  1. Besarnya megapiksel tidak menentukan kualitas kamera. Ukuran megapiksel tidak selalu menjanjikan kemampuan kamera yang lebih baik. Faktor lain yang mempengaruhi kemampuan kamera adalah sensor yang digunakan untuk menangkap cahaya.

 

  1. Smartphone dengan resolusi layar besar tidak selalu menjadi lebih baik. Banyak pengguna ponsel yang mempercayai hal ini, karena mata manusia tidak bisa melihat detail lebih dari 300 piksel per inci.

 

  1. Tidak perlu mematikan komputer tiap hari. Banyak orang yang menggunakan metode sleep ketimbang mematikan komputer mereka. Padahal kebiasaan tersebut bisa mempersingkat ketahanan dari sebuah komputer. Menurut situs Life Hacker, mematikan PC secara berkala bisa menghemat daya dan juga membuat beberapa komponen beristirahat.

 

  1. Meletakkan magnet di dekat komputer bisa menghapus seluruh data. Mitos ini tidak sepenuhnya salah, namun dibutuhkan magne yang sangat besar untuk bisa menghapus data dari hard drive

 

  1. Ponsel bisa menyebabkan kanker otak. National Cancer Institute mengatakan bahwa efek radiasi dari ponsel yang berpengaruh pada jaringan otak, masih menjadi perhatian.

 

  1. Jumlah indikator sinyal bukanlah informasi kualitas lebih baik. Indikator sinyal pada ponsel sebenarnya memberikan informasi mengenai posisi pengguna dengan menara jaringan terdekat.

 

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3896053/10-mitos-teknologi-ini-ternyata-tak-sepenuhnya-benar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *