Koneksi Internet Berbasis Cahaya LiFi akan Hadir pada Maskapai Ini

Teknologi terbaru Light Fidelity atau LiFi memang masih jarang digunakan. Namun untuk pertama kalinya perusahaan Lifi asal Prancis bernama Oledcomm akan menyediakan jaringan internet menggunakan teknologi LiFi pada pesawat Air France.

Oledcomm mengatakan bahwa LiFi akan tersedia pada pesawat penumpang milik Air France yang berukuran sedang. Oledcomm mengatakan bahwa kecepatan internet yang nanti akan tersedia adalah 100 Mbps setiap penumpang. Ini berarti pada teknologi LiFiMAX ini penumpang bisa memutar video 4K, AR, dan mengakses internet tanpa adanya kendala. Jika klaim yang dikatakan Oledcomm benar adanya, maka LiFi bisa dijadikan alternatif dari WiFi yang hanya bisa memiliki kecepatan 15 Mbps jika berada di dalam pesawat.

Salah satu perwakilan dari Oledcomm mengatakan bahwa LiFiMAX akan tersedia pada maskapai penerbangan Air France setidaknya akhir tahun 2019. Teknologi LiFi sendiri memanfaatkan pancaran cahaya sebagai medium untuk menghantarkan jaringan internet. LiFi memang memiliki koneksi cepat dibanding WiFi, namun dengan jangkauan rendah karena cahaya tidak bisa menembus tembok.

Dikutip dari Engadget, LiFiMAX milik Oledcomm ini hanya memiliki jangkauan maksimum seluas 92 kaki atau sekitar 28 meter. Walau penawaran yang dimiliki adalah kecepatan 40 Mbps hingga 100 Mbps, harga yang dibebankan jauh lebih mahal dibanding WiFi.

Walau begitu, LiFi juga memiliki kekurangan dan keterbatasan. Walau diterapakan melalui base station yang ditempel di langit ruangan, LiFi membutuhkan direct line of sight atau sebuah pandangan langsung ke perangkat tujuan yang memiliki receiver khusus. Implementasi ini seperti pada penggunaan remote TV, yang berarti perangkat yang terkoneksi harus statis atau tidak bisa bergerak.

 

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/13/19010027/maskapai-ini-sediakan-koneksi-internet-lifi-berbasis-cahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *