Aplikasi Noompang Tebengan antar Kota Jakarta-Bandung

Sebuah aplikasi asal Indonesia bernama Noompang, menawarkan solusi u untuk masyarakat yang ingin mudik jarak dekat atau antar kota. Contohnya adalah Jakarta ke Bandung atau sekadar mencari tumpangan menuju lokasi sekitaran ibu kota.

Noompang ini didirikan oleh Mirsa Sadikin sebagai CEO dan juga kedua rekannya selama 6 bulan pada 2018. Noompang dikembangkan untuk memanfaatkan bangku kosong di mobil atau sepeda motor untuk digunakan bersama orang lain yang memiliki tujuan yang sama.

“Kami berinisiatif membangun aplikasi ini akrena awalnya sering pergi dan pulang Jakarta dan Bandung saat kuliah. Ternyata yang seperti ini banyak. Jika satu tujuan seharunya bisa lebih hemat dan praktis karena berbagi tumpangan,” jelas Mirsa kepada Antara di Jakarta.

Awalnya aplikasi ini menargetkan kalangan mahasiswa, namun bergeser ke kalangan pekerja yang memiliki jadwal berangkat dan pulang yang rutin. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah memiliki harga terjangkau. Tumpangan dari Jakarta ke Bandung hanya memakan biaya Rp 50 ribu – Rp 70 ribu, sedangkan dalam kota hanya Rp 10 ribu – Rp 20 ribu.

Aplikasi ini hanya merekomendasikan harga. Pemilik kendaraan dan penumpang bisa membicarakan harga secara rinci termasuk jumlah bangku dan fasilitas yang ada. Terkait keamanan, Mirsa memastikan Noompang telah merekam data-data berupa nomor KTP, STNK, hingga link sosial media yang diperlukan sebelum pengguna mendaftar aplikasi itu.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190519121622-185-396158/noompang-aplikasi-tebengan-jakarta-bandung