Begini Cara Membuat Baterai Laptop Awet dan Tidak Mudah Bocor

Di zaman era serba modern seperti sekarang ini, laptop merupakan salah satu kebutuhan utama. Banyak kegiatan yang sangat membutuhkan kinerja laptop sebagai penunjang aktivitas, seperti mengerjakan tugas, menonton film, bermain game, atau bahkan hanya sekadar mendengarkan musik.

Dengan banyaknya kegiatan dalam satu laptop, itu bisa membuat daya tahan baterai laptopmu cepat rusak. Padahal, ketahanan baterai laptop sangat bergantung pada pemakaian dan juga perawatan baterai laptop itu sendiri. Berikut adalah cara membuat baterai laptop tidak mudah bocor.

  1. Atur cahaya rendah. Salahs atu fitur yang memakan banyak daya baterai adalah cahaya pada layar laptop itu sendiri. Cahaya yang terlalu terang bisa membuat daya baterai semakin terkuras. Pastikan bahwa kamu sudah mengatur cahaya kontras dengan rendahagar baterai laptop yang kamu miliki awet.
  2. Kurangi pemakaian aplikasi dalam satu waktu. Dengan membuka banyak aplikasi dalam satu waktu, bisa membuat laptopmu bekerja lebih keras, ini bisa berdampak buruk pada ketahanan baterai. Pastikan kamu menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan.
  3. Jangan digunakan ketika di-charge. Usahakan untuk mengistirahatkan laptop ketika kamu sedang mengisi daya baterai. Jadi baterai tidak harus bekerja dua kali dengan cara digunakan dan juga diisi secara bersamaan.
  4. Jangan sampai kena overheat. Pemakaian yang terlalu lama tanpa penggunakan kipas laptop, bisa membuat laptopmu kepanasan atau biasa dikenal dengan overheat. Usahakan untuk menggunakan kipas laptop saat penggunaan dianggap lebih lama dari biasanya.
  5. Hindari baterai baru di-charge ketika habis total dan jangan di-charge terlalu lama. Terkadang, kita sering lupa untuk mengisi kembali daya ketika sudah menggunakan laptop dan membiarkannya habis total. Kebiasaan seperti ini yang bisa membuat baterai laptopmu cepat rusak.

Sumber :