Bos Huawei Angkat Bicara dan Mulai Ambil Langkah Soal Pemblokiran Pemerintah AS

Kepala Eksekutif sekaligus pendiri Huawei Technologies Ren Zhengfei mengecam keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memasukkan perusahaannya ke dalam daftar hitam perdagangan AS dan bersikeras mendorong Huawei untuk tidak melakukan sesuatu yang illegal.

Ren mengindikasi bahwa perusahannya akan terus mengembangkan chip sendiri untuk mengurangi dampak larangan terhadap produksi chip di AS. HiSilicon Technologies yang merupakan anak dari perusahaan Huawei yang bekerja untuk merancang chip prosesor inti juga mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan rencana untuk menghadapi hal ini.

“Kami benar-benar telah meramalkan hari ini selama bertahun-tahun dan kami memang memiliki rencana cadangan,” ujar Presiden HiSilicon Technologies, Teresa He Tingbo.

Zhengfei juga menegaskan bahwa ia tidak akan mengubah manajemen Huawei sesuai dengan permintaan pemerintah AS. Dampak larangan AS terhadap bisnis perusahaannya akan terbatas dan Zhengfei fokus pada prospek jangka panjangnya.

Sampai saat ini, induk perusahaan Google, Alphabet Inc mengatakan secara terang-terangan menyatakan bahwa pihaknya telah menangguhkan bisnis dengan Huawei yang membutuhkan transfer perangkat keras, perngkat lunak, dan layanan teknis lainnya. Penangguhan Google ini membuat Huawei kehilangan akses ke pembaruan sistem operasi Google Android.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190520173921-185-396566/bos-huawei-angkat-bicara-soal-blokir-pemerintah-as