Bukalapak Mengakui Bahwa Terdapat Upaya Peretasan Akun Pengguna

Head of corporate communications Bukalapak Intan Wibisono mengakui jika terdapat upaya peretasan pada layanan mereka beberapa waktu lalu. Tetapi Intan memastikan bahwa tidak ada data penting pengguna yang berhasil didapatkan oleh peretas.

Intan juga mengatakan bahwa pihaknya sudah meningkatkan sistem keamanan dan juga memastikan bahwa data-data penting pengguna tidak disalahgunakan. Bukalapak juga mengimbau para pengguna untuk memperhatikan keamanan bertransaksi dan juga mengganti kata sandi secara berkala.

Sebelumnya, peretas Pakistan, Gnosticplayers mengklaim bahwa dirinya sudah meretas puluhan situs web populer seperti Bukalapak. Ia juga mengungkapkan bahwa terdapat 13 juta akun pengguna Bukalapak yang sudah dijual di Dream Market, sebuah situs jual beli di dark web.

Gnosticplayers juga mengatakan, selain Bukalapak, terdapat tujuh situs lainnya yang berhasil ia retas. Diantaranya 1,12 juta akun Youthmanual, GameSalad sebanyak 1,5 juta akun, Lifebar dnegan 3,86 juta akun, EnstanteVirtual dengan 5,45 juta akun, dan Coubic dengan 1,5 juta akun.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190318115724-185-378279/bukalapak-akui-ada-upaya-peretasan-akun-pengguna