Daftar Aplikasi Android yang Bisa Melancarkan Ibadah Puasa

Pada tanggal 5 Juni kemarin Kementerian Agama RI mengadakan serangkaian pantauan hilal di 102 titik di seluruh Indonesia untuk menetapkan tanggal puasa Ramadan, yang akhirnya diketahui mulai dilaksanakan pada Senin (6/5).

Saat bulan puasa datang, maka kamu akan dihadapkan dengan berbagai larangan. Terkadang juga kamu menjadi sulit fokus. Maka dari itu berikut terdapat daftar aplikasi berbasis Android yang bisa kamu unduh secara gratis untuk membuat ibadah puasamu lebih lancar.

  1. Muslim. Aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 10 juta kali ini menyajikan tuntunan doa untuk membantu pengguna lebih khusyuk beribadah. Jadwal solat, waktu berbuka, dan sahur juga turut disediakan selama bulan Ramadan.
  2. Muslim Pro. Aplikasi ini menyajikan 30 juz Al-Quran dimana lengkap dengan tulisan Arab, terjemahan, dan juga pelafalan audio. Selain itu juga aplikasi ini dilengkapi dengan petunjuk kiblat, kalender Hijriah, dan juga peta restoran halal dan masjid di lokasi terdekat. Ketika waktu salat tiba, pengguna akan menerima notifikasi audio berupa suara orang yang mengumandangkan azan. Saat Ramadan, aplikasi ini dilengkapi dengan jadwal berbuka paisa, imsak, dan juga waktu salat.
  3. Muslim Go. Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga menyediakan jadwal salat, pengingat waktu berbuka, sahur, imsak, dan juga kumpulan doa. Yang berbeda dari aplikasi lain, aplikasi ini menyediakan kartu ucapan yang bisa digunakan pengguna untuk merayakan hari besar Islam. Fitur lainnya terdapat buku, musik, video, dan juga komik.
  4. Panduan Muslim. Aplikasi ini sudah mendapatkan pengakuan dari Kementeruan Agama (Kemenag) RI dengan lebih dari 100 ribu pengguna. Selain menyajikan 30 juz Al-Quran, aplikasi ini menyajikan ringkasan cerita 25 Nabi, tasbih digital, panduan wudhu, dan juga kalkulator zakat. Aplikasi ini juga menyediakan siaran radio yang membahas mengenai kajian Islam.
  5. Umma. Aplikasi ini mendukung kegiatan sehari-hari umat Muslim seperti aplikasi lainnya. Yang berbeda dari aplikasi ini adalah terdapat fitur komunitas yang dibuat seperti grup chat untuk membahas isu-isu tentang Islam.  

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190506113217-185-392224/5-aplikasi-android-agar-puasa-ramadan-lebih-khusyuk