Daftar Produk Google yang Tidak Berumur Panjang

Setiap perusahaan besar, pasti bermulai dari usaha kecil yang jauh dari kata mulus karena kegagalan dari sebuah produk. Ini juga terjadi pada perusahaan besar sekelas Google.

Sebelum sesukses sekarang, siapa yang menyangka bahwa Google banyak memproduksi produk yang gagal di pasaran yang bahkan tidak berumur panjang. Berikut terdapat 5 produk gagal yang tak berumur panjang milik Google yang dikutip dari Business Insider.

  1. Google Web Accelerator. Hadir sejak 2005, sebenarnya Google Web Accelerator memiliki tujuan yang baik yaitu bisa membantu pengguna lebih cepat mendapatkan hasil pencarian, dengan cara memperepat waktu loading halaman. Namun ternyata produk ini dipenuhi dengan bug. Sehingga akhirnya Google menghentikan dukungan pada tahun 2008.
  2. Google Video. Hadir sejak 2005, Google Video adalah sebuah platform hosting video miliki Google.  Namun setahun kemudian justru Google Video gagal karena tidak laku di pasaran karena kalah dari Youtube. Hingga akhirnya Google membeli Youtube dengan nilai USD 1,65 miliar.
  3. Jaiku. Jaiku hadir pada 2007, Google membeli platform microblogging yang dikembangkan oleh perusahaan Finlandia. Tujuan membeli Jaiku adalah untuk berkompetensi dengan Twitter. Jaiku akhirnya malah ditutup gara-gara tak banyak pengguna yang memakai.
  4. Google Answer. Platform ini memungkinakan pengguna untuk mengajukan pertanyaan. Nantinya sejumlah uang akan dibayarkan untuk mereka yang memberi jawaban. Ini bisa membuat peneliti mendapatkan uang dari USD 2 hingga USD 200 per item. Namun karena kurangnya pengguna, Google Answer ditutup pada 2006.
  5. Google X. Google X memungkinkan pengguna mencari istilah berdasarkan kategori, misalnya saja Grup, Lokal, dan Gambar. Namun, Google X hanya bertahan satu har yaitu 16 Maret 2005. Namun, nama Google X masih digunakan namu untuk proyek lain milik Google.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3734956/5-produk-gagal-google-ini-tak-berumur-panjang-apa-saja