Daftar Teknologi yang Disesali Oleh Penemunya Sendiri

Salah satu cita-cita yang luar biasa dan juga berperan penting bagi peradaban manusia adalah menjadi seorang ilmuwan. Seorang ilmuwan akan dikenang dalam sejarah oleh seluruh umat manusia. Namun menjadi seorang penemu atau ilmuwan memiliki tanggung jawab besar untuk temuan yang mereka ciptakan.

Dilansir dari Listverse, terdapat sejumlah penemu teknologi yang ternyata menyesali temuannya. Berikut daftarnya.

  1. Pesawat Terbang. Penemu pesawat terbang yaitu Wright bersaudara, Orville dan Wilbur. Dimana mereka berdua membangun Wright Flyer yang melakukan penerbangan berkelanjutan pertama sepanjang sejarah. Pesawat di kala itu digunakan untuk membawa dan juga menjatuhkan bom di Perang Dunia II. Dalam sebuag wawancara, mereka mengatakan bahwa peperangan bertentangan dengan ideologi penemuannya.
  2. Bom Atom. Seorang professor Fisika penemu bom atom bernama J. Robert Oppenheimer yang bertanggung jawab mengenai kematian banyak nyawa dan juga kerusakan dan kerugian massif. Ia merasa menyesal atas ide yang dimilikinya tersebut, ia tergabung dalam sebuah Proyek Manhattan yang mengembangkan senjata nuklir pada 1942. Awalnya ia antusias, namun akhirnya ia menyesal dan meninggalkan Proyek Manhattan.
  3. Facebook. Pendiri sekaligus CEO Mark Zuckenberg sebenarnya tidak menyesali penemuannya. Namun orang sekitarnyalah yang menyesal. Ia adalah Sean Parker, yang bekerja di Facebook sejak media sosial itu baru berupa directory untuk mahasiswa Harvard. Ia merasa Facebook mendapatkan popularitas dengan memanfaatkan kerapuhan psikologis manusia. Ini didapat dari tombol like yang ada.
  4. Iklan pop up. Iklan pop up memng menyebalkan, penemunya sendiri pun, Ethan Zuckerman, membencinya. Ide awlanya dimulai pada awal 90-an dimana ia merupakan salah satu pegawai Tripod.com yang bertugas sebagai programmer dan desainer. Tripod menyusun gagasan iklan yang tidak muncul di halaman asli namun berada di halaman terpisah. Ide tersebut masih digunakan sampai detik ini.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3928114/4-teknologi-yang-malah-disesali-penemunya-sendiri