Deretan Teknologi Revolusioner yang Menjadi Terobosan di 2019

Perkembangan teknologi memang tidak pernah ada habisnya. Setiap hari selalu saja ada temuan baru yang bermanfaat dan memudahkan tugas manusia. Kecanggihan teknologi yang dimaksud ini bukan hanya mengenai gadget, namun juga ilmu pengetahuan dan terobosan medis yang akhirnya terpecahkan.

Dilansir dari Listverse,terdapat beberapa teknologi terobosan baru yang muncul di awal 2019. Simak artikel berikut untuk menyimak daftarnya.

  1. Sembuh dari HIV. HIV merupakan salah satu penyakit mematikan yang dikenal dengan tidak ada obatnya. Namun, seorang pasien di London berhasil mengukir sejarah setelah menjadi orang kedua yang sembuh dari HIV. Orang pertama bernama Timothy Brown. Ia menggunakan metode transplantasi sumsum tulang belakang. Operasi sumsum ini sudah dilakukan sejak dua tahun lalu, tetapi di awal 2019 ini HIV tidak muncul kembali walau tidak meminum obat antiretroviral.
  2. Inovasi untuk penyembuhan penyakit Alzheimer. Seperti HIV, Alzheimer juga dikenal sebagai salah satu penyakit yang tidak ada obat penyembuhnya. Namun seorang ilmuwan saraf Picower Institute MIT menemukan cara penyembuhan Alzheimer pada tikus. Ini dengan cara memapari tikus dengan lampu berkedip dan suara ketukan cepat. Ini bisa meningkatkan keterampilan memori yang menurun akibat Alzheimer. Stimulus eksternal ini dapat menginduksi gelombang otak secara positif dan mengubah komposisi protein otak.
  3. Alkohol yang tidak membuat Hangover. Biasanya setelah mengonsumsi alkohol, tubuh akan merasak sakit atau mabuk di pagi harinya. Namun seorang profesor bernama Dabid Nutt bersama David Orren membuat alkohol yang tidak membuat hangover. Nama minuman ini adalah Alcarelle yang memiliki kandungan molekul sintetis bernama alcosynth yang bisa mengaktifkan perasaan senang pada otak.
  4. Listrik yang dihasilkan dari kulit manusia. Ilmuwan nano asal Italia bernama Paolo Tassini berhasil meningkatkan kemampuan pigmen kulit untuk mneghantarkan listrik. Hal ini bisa dikembangkan pada bidang bioteknologi dan penanaman perangkat bioeletronik dalam tubuh manusia.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3946526/5-teknologi-revolusioner-yang-mencuri-perhatian-di-awal-2019