Firefox Luncurkan Fitur Baru Otomatis Blokir Video Autoplay

Salah satu hal yang mengganggu saat kita sedang berselancar di internet adalah pemutaran video secara otomatis (autoplay). Hal ini membuat Firefox versi terbaru (versi 66), menambahkan sebuah fitur baru yaitu fitur untuk memblokir video autoplay beserta suara di semua situs. Pengaturan blokir video ini bisa diatur dengan mengklik ikon “i” di sebelah kiri kotak alamat URL.

Pengguna bisa mengatur pengecualian situs yang terdapat pada kolom “Permissions” agar fitur ini bisa berjalan. Pengecualian bisa diatur dengan opsi “Allow”. Pengguna juga bisa memilih “Block” untuk memblokir fitur autoplay ini pada situs.

Yang harus anda ketahui, Firefox versi ini tidak akan memblokir video yang dimainkan secara otomatis dan default yang memang tidak memiliki suara (seperti video di linimasa Facebook). Pemutaran otomatis setelah pengguna selesai menonton seperti setelah menonton serial Netflix juga akan berfungsi seperti biasa. Ini tidak akan diblokir oleh Firefox.

Selain ditur blokir autoplay, Firefox juga akan mendatangkan fitur “scroll anchoring” atau fitur untuk mencegah konten halaman hilang saat iklan sedang dimuat. Fitur ini bisa digunakan saat mengunjungi situs yang penuh dengan iklan.

Fitur lainnya adalah pencarian yang menelusuri informasi di seluruh tab yang dibuka, tanpa membuka tab. Untuk Firefox versi 66 (terbaru) ini sudah bisa diunduh di situs Mozilla.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/22/13390027/firefox-versi-terbaru-otomatis-blokir-video-autoplay-yang-berisik.