Gaji Bos Twitter Hanya Sebesar Rp 20.000 Setahun

Masyarakat pasti mengira jika menjadi CEO akan selalu memegang gaji besar, namun tidak dengan CEO yang satu ini. Gaji CEO Twitter, Jack Dorsey hanya berkisar Rp 20.000. Ini pun gaji dalam satu tahun. Hal ini diketahui dari laporan Twitter ke otoritas bursa saham di Amerika Serikat.

Dalam laporan tersebut, terhitung sejak 2015 saat ia menjabat sebagai CEO Twitter, Dorsey hanya menerima gaji sebesar 1,40 dollar AS (RP. 20.000) setiap tahunnya. Ini berdasarkan dengan jumlah karakter yang dimiliki twitter, yaitu 140 karakter.

Tidak hanya itu, Dorsey juga menolak semua kompensasi dan keuntungan yang berhak ia dapatkan ketika kembali menjabat sebagai orang nomor satu di Twitter. Walau gajinya hanya tercatat 1,40 dollar namun bukan berati Jack Dorsey tidak memiliki penghasilan lain dari Twitter. Sebagai CEO, ia berhak atas kepemilikan saham dan juga tunjangan lain dari perusahaan.

Pada 2018 lalu, Dorsey berhasil menjual sebanyak 1,7 juta saham di bursa saham. Keuntungan dari penjualan ini mencapai 80 juta dollar AS. Kekayaan bersih sendiri terhitung 4,7 milliar dollar AS, ditambah dengan kepemilikan 61 juta lembar saham. Saham Dorsey pada Twitter juga mencapai 600 juta dollas AS.

Selain itu Jack Dorsey, banyak para petinggi lain yang juga tidak ikut mengambil keuntungan dari perusahaan yang mereka pegang. Ini seperti CEO Facebook Mark Zuckerberg, Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin. Dimana mereka hanya menerima gaji sebesar 1 dollar AS setiap tahunnya.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/11/10030077/setahun-gaji-bos-twitter-tak-lebih-dari-rp-20.000-.