Google Meminta Pengguna untuk Simpan Data Google Plus Sebelum 31 Maret

Pihak Google meminta para pengguna Google Plus untuk melakukan backup data akun Google Plus sebelum tanggal 31 Maret 2019. Hal ini Goole sampaikan lewat surel yang dikirimkan kepada pengguna.

Surel tersebut menjelaskan bahwa Google akan mulai menonaktifkan layanan Google plus versi konsumen pada tanggal 2 April. Konten seperti foto dan video yang berada di album dan juga halaman Google plus pengguna akan dihapus. Surel juga memberi himbauan untuk melakukan backup sebelum 31 Maret karena proses akan berlangsung lama.

Penghapusan Google plus ini tidak akan mempengaruhi layanan lain Google seperti gmail, Google Foto, Google Drive, dan Youtube. Pengguna masih bisa menggunakan akun google yang terhubung dengan Google plus.

Archive data postingan Google plus nantinya akan disimpan dalam format HTML, kontak dalam format vcf, dan juga profile Google+ akan disimpan dalam format sederhana yang bisa diakses dalam laman web.

Penutupan ini diumumkan oleh Google sejak Januari 2019. Disamping itu, alasan penutupan ini karena rendahnya jumlah penggunaan, tantangan memenuhi harapan pengguna, dan juga turut berpengaruhnya kasus bocornya 500 ribu data akun pengguna Google+.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190321163217-185-379484/pengguna-diminta-simpan-data-google-plus-sebelum-31-maret