Indonesia Urutan Pertama yang Paling Banyak Pasang Aplikasi Android Berbahaya

Laporan keamanan android pada 2018 lalu mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara terbanyak yang menginstal aplikasi Android berbahaya di Google Play Store. Kecenderungan menginstal aplikasi berbahaya ini lebih parah ketimbang negara lain seperti India, Amerika Serikat, Brazil, dan juga Rusia.

Aplikasi ini dikatakan berbahaya karena mengandung virus Trojan, spyware, bisa mengunduh malware secara diam-diam, phising, dan juga banyak menggunakan trik ‘klik penipuan’.  Klip penipuan merupakan aktivitas dimana pengguna aplikasi dibuat berkali-kali  menekan tombol iklan agar pemilik situs bisa mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan perusahaan pengiklan (Contoh : Google AdSense).

Google sendiri sudah berusaha menekan aplikasi berbahay dan juga mengimbau pengguna berhati-hati saat menginstal aplikasi. Selain itu juga Google menghimbau pengguna untuk terus memperbarui sistem operasinya.

Sebagian besar aplikasi ‘klik penipuan’ ini memiliki fitur yang banyak menarik perhatian pengguna seperti pemutar music atau permainan video.

Google juga telah mengklaim bahwa ketentuan peraturan yang diperketat dengan aplikasi program bersifat probadi dan juga Playprotect, sebuah fitur Google Playstore untuk mendeteksi malware  dan juga telah berkonribusi memangkas penyebaran PHA.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190402203910-185-383041/indonesia-paling-banyak-pasang-aplikasi-android-berbahaya