Instagram IGTV Perbarui Format Tampilan Video Horizontal

Selama ini fitur pada IGTV hanya mendukung pemutaran video dengan layar portrait (vertikal) karena memang menjadi fokus utama saat pertama kali diluncurkan tahun lalu. Namun dalam postingan blog miliknya, Instagram mengumumkan bahwa IGTV kini mendukung video dengan orientasi landscape (horizontal).

“Kami menyadari ini adalah sebuah evolusi awal dari IGTV. Kami percaya sudah membuat keputusan yang benar untuk penonton dan kreator,” tulis Instagram dalam postingan blog.

Sebelumnya, beberapa kreator menilai bahwa format video vertikal membuat mereka harus bekerja dua kali untuk mempromosikan video mereka ke Youtube dan IGTV karena perbedaan format video. Belum lagi, walau sudah setahun dirilis, IGTV memang belum sesukses Instagram Story karena lokasinya yang awalnya dipisah dengan beranda.

Dirangkum dari The Verge, Instagram akhirnya berbenah dengan menyisipkan preview IGTV ke linimasa untuk mrnjaring penonton. Instagram juga menyamakan perubahan di IGTV ini dengan perubahan ketentuan posting foto persegi pada tahun 2015.

Saat hadir pertama kali 2010, Instagram hanya mendukung format foto persegi 1 x 1 atau resolusi 640 x 640. Namun format tersebut ditingkatkan pada 2015, menjadi 1080 x 1080. Ini dilakukan agar video maupun foto landscape tidak terpotong.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/25/03470087/instagram-igtv-sudah-bisa-menampilkan-video-horizontal.