iPhone dengan Koneksi 5G diperkirakan Baru Rilis 2020

Pengamat teknologi mengatakan bahwa tiga iPhone dengan koneksi 5G diperkirakan baru akan meluncur 2020 nanti, dengan menggunakan cip modern yang diproduksi oleh Qualcomm. Ini sampaikan oleh Ming Kuo, seorang analisis dari TF International Securities.

Kuo mengatakan dalam catatannya bahwa terdapat tiga model iPhone yang akan meluncur di 2020. Ketiga iPhone ini memiliki layar yang berbeda yaitu 5,4 inci; 6,1 inci; dan 6,7 inci. Ketiga model ini memiliki layar OLED yang lebih cemerlang dari panel LCD. iPhone yang sudah dirilis tahun lalu seperti XS Max dan XS pun sudah menggunakan layar OLED. Sedangkan iPhone dengan harga yang lebih murah, iPhone XR, menggunakan panel LCD.

Kuo mengatakan bahwa cip modern yang akan digunakan oleh dua ponsel 5G yang meluncur 2020 nanti adalah dengan modem Qualcomm. Ini dilakukan setelah kedua perusahaan menyelesaikan perselisihan paten pada April lalu dimana Apple mengatakan akan membuat cip 5G mereka sendiri.  Cip ini akan mereka gunakan pada ponsel yang meluncur pada 2022 atau 2023. Kesepakatan persidangan menyebutkan bahwa Qualcomm akan membagi sebagian source code 5G kepada Apple agar Apple bisa membangun (cip) 5G mereka sendiri.

“Strategi iPhone 5G Apple makin agresif setelah adanya larangan ekspor Huawei yang diberlakukan oleh AS. Kami memperkirakan iPhone 5G akan mencapai 60 persen dari total pengapalan iPhone baru pada 2H20 (paruh kedua 2020),” jelas Kuo yang dikutip dari CNBC.

Selain memberikan transfer data yang lebih cepat, 5G sendiri memberikan keuntungan pada perangkay IoT (internet of things) lainnya seperti mobil otonom dan jejaring kamera yang dipasang diperkotaan. Sebelumnya Reuters juga menyebut bahwa pembuat cip AS seperti Intel dan Qualcomm diam-diam sedang melobi pemerintah AS untuk melunakkan larangan bagi Huawei.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190618102949-185-404159/iphone-5g-apple-diperkiran-baru-meluncur-2020