Kejar Pasar Negara Berkembang Google Play Store bisa Pakai Uang Tunai

Google akan menyediakan opsi bagi pengguna Android untuk membayar tunai aplikasi yang mereka beli melalui Google Play Store. Fitur “transaksi tunda” (pending transaction) ini akan memudahkan pengguna karena hanya perlu melakukan pembayaran di mini market terdekat.

Dalam transaksinya, pengguna akan mendapatkan kode pembayaran yang nantinya diberikan kepada kasir mini market untuk melakukan pembayaran. Transaksi akan selesai dalam 10 menit dan pembeli akan mendapat email bukti pembayaran dan notifikasi kalau pembayaran sudah selesai dilakukan. Jika melalukan pembatalan, uang akan dikembalikan dalam bentuk kredit di Play Store.

Opsi pembayaran ini diharapkan bisa mendorong Android untuk mengejar ketertinggalannya dari iOS dalam hal pendapatan dari aplikasi berbayar. Pilihan transaksi ini diharapkan bisa membuat penjualan aplikasi di Play Store meningkat terutama di wilayah negara berkembang.

Sebelumnya di Indonesia sendiri Google sudah memberikan berbagai cara alternatif untuk mendorong pembelian aplikasi pada platform mereka. Seperti voucher Google Play Store di mini market yang dijual dengan nominal Rp150 ribu hingga Rp300 ribu. Pengguna tinggal mengisi kode voucher dan saldo akan terisi ke dompet Google pengguna. Lalu cara lainnya adalah dengan menggunakan pulsa.

“Kami tahu negara berkembang adalah wilayah kunci untuk tumbuh untuk semua, inilah mengapa kami bersemangat untuk mengumumkan transaksi tunda ini,” ucap Aurash Mahbod Director of Engineering Play Store saat konferensi Google I/O.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190510132257-185-393697/beli-aplikasi-di-google-play-store-bisa-pakai-uang-tunai