Kenali OS Baru Khusus iPad bernama iPadOS

Pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 yang diadakan di California, Apple memperkenalkan sistem (OS) baru khusus iPad yang bernama iPadOS. iPadOS ini dibangun pada fondasi yang sama dengan iOs.

iPadOS menekankan perubahan yang dimilikinya pada UI yaitu sistem antar mukanya dan juga pengalaman pengguna (UX). Dirangkum dari Tom’s Guide, berikut beberapa perubahan  yang ada pada iPadOS.

Perubahan signifikan terdapat pada desain Home baru (UI/beranda). Apple mendesain beranda dengan memaksimalkan seluruh ruang yang ada pada beranda. Jarak antara ikon aplikasi dibuat rapat untuk memuat banyak aplikasi. Di sini juga disisipkan fitur ‘Today View’ yang berisi mengenai cuaca, berita terbaru, dan juga kalender.

Perubahan juga terjadi pada desain multitasking. iPadOS membuat fitur pengguna yang bisa memiliki satu set aplikasi favorit yang ditumpuk. Pengguna juga bisa menentukan aplikasi favorit agar lebih cepat membuka aplikasi. Fitur ini dinamakan dengan Slide Over. Selain itu iPadOS juga memberikan fitur agar pengguna bisa membuka dua aplikasi yang sama secara bersamaan. Layar nantinya akan terbagi menjadi dua.

Saat menulis dokumen, pengguna akan bisa menyalin teks dengan cara mengusap layar. Untuk menyalin teks, pengguna hanya perlu menggerakan tiga jari menjepit. Untuk menempelnya, hanya perlu membuat gestur tiga jari menyebar. Selain itu iPadOS juga memiliki safari dengan rasa desktop. Dalam safari juga didukung dengan pengelola unduhan. Tak hanya itu, manajemen file seperti dukungan drive USB dan kartu USB  kini bisa mendukung berbagi folder dan juga file.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190604180901-185-400980/mengenal-ipados-os-baru-khusus-ipad