Ketahui Sosok Penemu Teknologi Global Positioning System

GPS atau Global Positioning System adalah salah satu fitur yang ada di smartphone yang sangat berperan penting dan berfungsi untuk mengetahui dimana posisimu sekarang berada. Jika kamu ingin mengetahui arah jalan pun kamu bisa menggunakan GPS hanya dengan bermodalkan internet saja.

Tahukah kamu siapa penemu teknologi GPS? Banyak orang yang belum mengetahui bahwa GPS ditemukan oleh seorang perempuan. Ia bernama Gladys West. Sosoknya ini dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

West sendiri bekerja dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada 1950-an hingga 1960-an. Dikutip dari The Hill, sebagai seorang pakar matematika, West telah bekerja dengan dunia militer sebelum masuknya sistem gelombang elektronik.

West masuk ke dalam penelitian bidang militer pada 1956, di tahun ini juga ia mendapatkan penghargaan berkat penelitiannya meneliti keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus. Pada tahun 1960, West mulai menginisiasi pemrograman komputer IBM 7030 yang  ia namai Stretch.

Komputer tersebut dapat memberikan perhitungan geodetic Bumi yang akurat yang disebut geoid. Pengembangan program inilah yang nantinya akan menjadi GPS. Kontribusinya itu yang membuat West masuk ke deretan orang berpengaruh dalam Angkatan Udara AS.

West juga mendapatkan induksi di Air Force Space and Missile Pioneers Hall of Fame. Induksi adalah istilah yang diberikan atas penghargaan tinggi di Angkatan Udara AS. Pelantikan untuk West dilakukan di markas militer AS, Pentagon, Washington DC. 

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3914037/ini-dia-sosok-rahasia-di-balik-terciptanya-gps