Kuota cepat habis? Lakukan Hal Ini Untuk Menghemat Kuota

Di era teknologi modern seperti sekarang ini, kita pasti sulit lepas dari media social dan juga internet. Setiap harinya kita pasti membutuhkan kuota internet untuk  berkomunikasi atau sekadar mencari berita terbaru. Hal ini pasti membuat kuotamu cepat habis.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota. Caranya mudah dan tidak membuatmu ribet. Simak artikel berikut untuk mengetahui trik-triknya.

  1. Jangan menyalakan semua opsi sinkronisasi. Habisnya kuota internet biasanya tidak disadari karena adanya sinkronisasi otomatis pada ponsel. Jika ingin menghemat kuotamu, maka jangan aktifkan semua opsi sinkronisasi, cukup beberapa akun yang dibutuhkan. Caranya cukup masuk ke menu Settings lalu pilihlah Accounts. Setelah itu lakuakn seleksi untuk mengaktifkan akun tertentu.
  2. Selektif memilih browser. Jika kamu belum tahu, terdapat beberapa browser yang bisa menghemat kuota seperti Opera Mini. Browser ini bisa mengompres situs yang kamu kunjungi.
  3. Gunakan aplikasi penghemat kuota. Saat ini terdapat beebrapa aplikasi yang bisa menghemat kuota, seperti My Data Manager, Protect Free VPN+ Data Manager, Opera Max, CM Data Manager, dan juga DataEye.
  4. Ubahlah fitur maps mu ke mode offline. Tanpa disadari, fitur Maps juga bisa menguras kuota yang kamu miliki. Jika ingin lebih hemat maka ubah mode maps yang awalnya online menjadi offline. Pertama masuk ke menu Settings lalu pilihlah Data Usage, kemudian pilih tap tiga garis vertical di kanan atas, pilihlah Restrict Background data, dan pilihlah OK.
  5. Manfaatkan Wi-Fi Gratis. Jika ingin benar-benar hemat, maka gunakan spot Wi-Fi yang ada. Banyak sekali tempat umum yang menyediakan Wi-Fi gratis seperti di perpustakaan ataupun taman-taman kota. Ini merupakan cara mengirit kuota yang paling simple.

Sumber :