Mediatek Rilis Chip Helio P65 Depankan Kamera dan Gaming

Mediatek akhirnya mengumumkan perilisan Helio P65, sebagai penerus chipset Helio 60. Chipset ini difokuskan pada peningkatan kualitas kamera dan juga performa gaming. Pokok utama yang diselipkan juga terdapat kecerdasan buatan. Tak hanya itu, Mediatek juga mengatakn bahwa performa Helio P65 akan lebih gegas 25 persen.

Chipset ini akan diproses dengan fabrikasi 12nm yang diliputi delapan inti aritektur CPU dan GPU. Helio P65 sendiri terdiri dari dua inti Arm Cortex A75 dan enam inti Arm Cortex A55, dengan memiliki kecepatan frekuensi hingga 2GHz. Pengolah grafis yang digunakan adalah Arm Mali-G52 2EEMC2.

Selain mengedepankan bagian sektor gaming, chip Helio P65 meningkatkan kemampuannya di bagian mendeteksi obyek serta peningkatan pengaturan blur (bokeh) latar belakang. Terdapat kamera tunggal dan ganda. Kamera tunggal memiliki resolusi 48 megapiksel dengan skema 4-cell camera, sementara kamera ganda masing-masing memiliki resolusi 16 megapiksel untuk wide angle dan telephoto. Perekaman video pun mendukung resolusi 2K dengan kecepatan 30 fps.

Pada sisi penyimpanan, Helio P65 memiliki ruang penyimpana RAM dari 4 GB atau 8 GB dengan jenis penyimpanan eMMC  5.1. Dukungan lainnya terdapat konektivitas WiFi 5, Bluetooth 5.0, serta FM Radio. MediaTek juga meningkatkan kemampuan navigasi agar lebih akurat.

Mediatek mengaku telah membuat Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memiliki navigasi akurat. Jika dilihat dari kualifikasi, chipset ini diketahui akan mengotaki jenis smartphone bagian menengah.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/26/10080057/mediatek-resmikan-chip-helio-p65-fokus-kamera-dan-gaming-.