Mengabdi Hampir 3 Dekade Perancang iPhone Resmi Mengundurkan Diri

Setelah bekerja hampir selama 3 dekade, Jony Ive perancang desain Apple resmi mengundurkan diri. Diketahui Jonathan Ive akan mendirikan perusahan desain bersama dengan desainer ternama Marc Newson. Perusahaan tersebut bernama LoveForm, bahkan Apple akan menjadi pelanggan pertamanya. Kendati demikian, Ive akan tetap bekerjasama dengan Apple dalam beberapa proyek eksklusif.

Ive sendiri diketahui bergabung bersama Apple pada taun 1992. Dimana kala itu ia memiliki hubungan yang erat dengan Steve Jobs saat Apple sedang terpuruk di 1997. Kolaborasi mereka berdua dimulai saat pembuatan iMac pada 1998. Produk ini menjadi titik balik yang membuat Apple menjadi perusahaan bernilai di dunia.

Peran Ive dalam mengerjakan berbagai produk membuat ia menjadi perancang industrial yang paling disegani. Ive telah mengerjakan desain produk seperti Mac, iPod, iPhone, iPad, Apple Watch, bahkan hingga kampus Apple Park dan juga menentukan rampilan dan kesan pada toko ritel Apple.  Tak hanya hardware, Ive juga berperan pada perancangan software seperti merubah tampilan iOS 7 (2013) dan juga software macOS.

“Meski sudah tidak menjadi karyawan di Apple, saya masih akan terlibat (dalam proyek Apple), saya harap dalam tahun-tahun ke depan,” ujar Ive saat diwawancarai oleh Financial Times. Diketahui, pengganti dari posisi Ive adalah Jeff William.

Ketika meluncurkan iPhone perdana pada 2007, Jobs melakukan panggilan telepon ke Ive. Bahkan di tahun setelahnya pun Ive selalu muncul pada video yang mendokumentasikan dan menunjukan rancangan terbaru dari iPhone. Belakangan ini ia jarang muncul namun tetap menjadi pengisi voice over dari berbagai klip.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190628104840-185-407262/hampir-3-dekade-kerja-di-apple-perancang-iphone-hengkang