Mulai Tahun Depan WhatsApp Tidak Akan Dukung Versi Lama dari Android dan iPhone

Baru-baru ini WhatsApp memperbarui halaman Fruquently Asked Questions (FAQ) mereka mengenai sistem operasi yang masuk jajaran akan diberhentikan dukungannya alias tidak bisa lagi menjalankan beberapa fungsi yanga da di aplikasi WhatsApp di masa mendatang.

Selain sistem operasi Blackberry dan Windows Phone, ternyata terdapat versi-versi tertentu dari OS Android dan iOS (iPhone) yang ternyata juga diberlakukan pencabutan dukungan. Contohnya seperti Windows Phone atau Windows 10, dimana WhatsApp akan menyetop dukungannya mulai 31 Desember 2019. Sistem ini sendiri sudah ditinggalkan oleh Microsoft (pendirinya) sejak akhir 2017.Microsoft sudah meminta pengguna Windows Phone untuk beralih ke iOS atau Android.

Selain itu juga terdapat Android versi 2.3.7 dimana ini keluaran tahun 2010. Penghentian layanan dukungan ini akan dimulai setelah 1 Februari 2020. Jumlah perangkat yang masih menggunakan Android versi 2.3.7 “Gingerbread” ini sebenarnya kecil, bisa dibilang hanya 0,3 persen.

Selain pada sistem Android, sistem operasi yang akan terkena pemutusan dukungan layanan adalah iOS 7 pada iPhone. Layanan dari WhatsApp akan diberhentikan setelah 1 Februari 2020. Populasi pengguna yang menjalankan iOS 7 keluaran 2013 sendiri memang sedikit, persentasinya kurang dari 5 persen.

Selain sistem operasi yang sudah disebutkan, WhatsApp sudah menghentikan dukungan aplikasinya pada sejumlah sistem operasi yaitu Android 2.3.3, iOS 6, dan BlackBerry OS. Selain memberhentikan dukungan, WhatsApp juga menambah dukunganngya pada OS baru yaitu KaiOS 2.5.1+. KaiOS adalah sistem operasi yang berbasis arsitektur ARM yang menjadi penerus dari Firefox OS yang sebelumnya sudah diberhentikan oleh Mozilla. WhatsApp juga mengingatkan bahwa aplikasi WhatsApp tidak akan berhenti begitu saja, namun akan terdapat beberapa fitur yang berhenti bekerja sewaktu-waktu.  

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/13/13090027/tahun-depan-whatsapp-tak-lagi-dukung-android-dan-iphone-lawas.