Opera Rilis Browser Opera GX Khusus Gamer

Bertajuk “Opera GX”, perusahaan teknologi Opera Software merilis browser yang dirancang khusus untuk para gamer. Browser ini dilengkapi dengan fitur yang tidak akan ditemui pada browser Opera standar. Salah satu fiturnya adalah “GX Control Panel” yaitu fitur untuk membatasi akses browser ke CPU (prosesor) dan RAM (memori).

Tujuannya adalah agar browser tidak menyedot banyak kapasitas pada RAM dan CPU saat digunakan. Sehingga para pemain bisa menggunakan Opera GX bersamaan dengan game online atau aplikasi lain tanpa perlu menggunakan sumber daya yang besar.

“Sebelum Opera GX hadir, para gamer kerap mematikan browser mereka agar tidak lambat ketika bermain game. Namun dengan fitur GX Control dapat membuat game berjalan lebih lancar tanpa mengharuskan mereka membatasi apa yang dilakukan di web,” ungkap Maciej Kocemba, Direktur Produk Opera GX.

Dikutip dari ZDnet, selain menyematkan fitur GX Control Panel, browser juga terintegrasi dengan jejaring sosial khusus gaming, Twitch. Pengguna bakal lebih mudah masuk ke akun Twitch karena akan disisipkan pada menu navigasi yang ada di sisi browser.

Tak hanya fitur, Opera juga memperhatikan soal desain yang tersaji pada browser. Opera GX memiliki desain tampilan dengan konsep neon yang identik dengan pecinta game. Opera GX juga membawa sejumlah efek suara yang terinspirasi dari video game. Opera GX juga memiliki fitu VPN hingga pemblokir iklan. Hingga saat ini, Opera GX baru tersedia untuk pengguna Windows.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/12/20030047/opera-gx-browser-khusus-untuk-gamer