Pengetahuan Dasar Mengenai Komputer yang Wajib Diketahui

Keberadaan komputer pada era serba teknologi seperti ini bukanlah hal yang aneh. Karena keberadaannya yang penting ini, kita sering melihat komputer berjejer hampir setiap tempat. Ini bisa dengan berbagai jenis dan bentuk seperti laptop maupun netbook.

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu compute yang dahulunya ini mengacu pada alat hitung mekanis. Komputer merupakan sekumpulan alat elektronik yang saling terhubung dan bekerja sama serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang memiliki kemampuan dapat menerima data (input) lalu data tersebut akan diolah (proses) dan juga menghasilkan informasi berupa data keluaran (output).

Terdapat beberapa fungsi pada komputer, di antaranya :

  1. Data Input (Data Entry). Fungsi ini menerima data dari luar, seperti keyboard, mouse, dan peralatan lainnya.
  2. Data Processing (Pengolahan Data). Fungsi ini melakukan pemrosesan, berbagai macam data dan juga informasi nantinya akan diproses di dalam komputer. Output yang keluar nanti berupa informasi. Contohnya teks, gambar, audio, dan video.
  3. Data Storage. Fungsi ini sebagai tempat menyimpan informasi. Nanti di dalam penyimpanan, akan dibeda-bedakan tergantung bagaimana informasi akan digunakan. Terdapat Drive Hard Disk (HDD) dan juga Drive Solid State Disk (SSD).
  4. Data Output. Data yang sudah diproses tadi nantinya akan digunakan oleh pengguna untuk sebuah tujuan yang telah ditentukan. Contohnya adalah file audio atau bisa dicetak menjadi hard copy.

Komputer memiliki beberapa fungsi, diantaranya seperti memudahkan pekerjaan, bisa menjadi pengendali, sarana komunikasi, atau bahkan hanya sebagai alat hiburan. Dari fungsi komputer yang ada memiliki manfaat yang penting yang bisa membantu memudahkan anda dalam mengerjakan sebuah pekerjaan.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3876812/fungsi-komputer-secara-umum-serta-manfaatnya-anak-it-wajib-tahu-nih