Periset Samsung temukan Cara Membuat Video Bergerak dari Sebuah Foto

Peneliti dari pusat riset Samsung yang berada di Moskow, Rusia, menemukan cara baru menyulap foto menjadi video. Temuan Samsung ini dinamakan “realistic neural talking heads.” Cara yang dilakukan pada aplikasi ini berbeda dengan software deepfake yang membutuhkan banyak gambar untuk membuat klip palsu. Periset Samsung hanya membutuhkan satu foto saja.

Sesuai namanya, sistem akan membuat foto wajah seolah-olah berbicara dengan gerakan wajah yang terlihat realistik. Tahapan ini menggunakan tahapan meta-learning. Pertama, sistem akan membuat “embedded network” yang terhubung dengan frame terkait dengan landmark (ciri khas wajah atau sketsa wajah) dengan vektor.

Dari data yang ada, sistem akan membuat “generator network” untuk memetakan landmark ke video buatan. Hingga akhirnya, discriminator network akan memindai kerealistikan dan pose dari frame yang dihasilkan.

Berbeda dengan software deepfake, hasil video yang dihasilkan nantinya akan mengurangi beberapa detail. Seperti yang ada pada video demo, aktris dan penyanyi  Marilyn Monroe. Pada hasil renderan, tahi lalat ikonik sang diva menghilang saat berbicara. Begitu juga dengan video Mona Lisa. Saat bergerak, ia seperti orang yang berbeda.

Dilansir dari The Next Web, tim riset Samsung mengatakan bahwa temuan mereka ini bisa diaplikasikan pada berbagai macam multimedia seperti telepresence, videoconference, dan game multi player. Sebelumnya, kemampuan AI yang memiliki kemampuan membuat video palsu ini menjadi sorotan karena bisa disalahgunakan untuk menyebarkan kabar bohong.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/26/03450047/periset-samsung-temukan-cara-sulap-foto-jadi-video