Pertolongan Pertama Jika Laptop Terkena Air

Tidak sengaja menumpahkan air ke atas keyboard laptop merupakan salah satu mimpi buruk yang tidak ingin kamu alami dalam hidup. Apalagi jika kamu sedang mengerjakan suatu data yang penting, pekerjaanmu bisa langsung kacau.

Namun biasanya kecerobohan memang selalu hadir dalam hidup, sulit untuk dihindari. Lalu bagaimana jika laptopmu terlanjur terkena tumpahan air? Berikut pertolongan pertama yang harus kamu lakukan.

  1. Cabut sambungan charger ketika sedang di-charge. Jika laptopmu terkena air saat sedang di-charge, maka segeralah cabut kabel charger-an. Ini dilakukan untuk menghindari konsleting. Jika laptop yang kamu miliki memiliki baterai yang bisa dilepas, maka lepas juga baterai tersebut.
  2. Matikan laptop. Setelah itu, langsung coba matikan laptop untuk menghindari konsleting ke dalam kabel komponen di dalam keyboard. Waktu minimum untuk mematikan laptop adalah 10 jam. Diamkan hingga air benar-benar kering untuk menghindari adanya konsleting.
  3. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik. Jika sudah terlanjur terkena air, maka jangan sekali-kali mencoba untuk menyalakan laptop kembali, karena laptop masih menyimpan air. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik, ini membiarkan air keluar dari celah-celah laptop.
  4. Keringkan dengan alat bantu. Bantuan yang bisa kamu gunakan adalah kipas angin. Selain itu juga bisa menggunakan haid ryer, namun usahakan atur suhu yang digunakan dan jangan diposisikan terlalu dekat dengan laptop.
  5. Bongkar bagian keyboard laptop. Jika kamu memahami bagian laptop dan juga memiliki peralatannya, maka cobalah untuk membongkar keyboard laptop untuk membersihkannya secara maksimal.
  6. Berhati-hatilah jika keyboard berasap. Ini berarti motherboard laptopmu sudah mengalami konsleting dan bia menimbulkan hal yang lebih berbahaya lagi. maka segera bawa laptop yang kamu miliki ke service center terdekat.

Sumber :