Pixel Slate sebagai Generasi Terakhir Google Tidak akan Buat Tablet Lagi

Jika kamu pernah mendengar Pixel Slate, maka kamu pasti tahu bahwa ini adalah produk tablet yang diproduksi secara mandiri oleh Google yang serupa dengan Pixelbook. Pixel Slate sendiri pertama kali diperkenalkan di publik pada Oktober 2018, lalu sebulan kemudian dirilis secara masal. Walau tergolong baru dan belum genap setahun, Google dikabarkan akan menghentikan produksi tablet tersebut.

Kabar ini diberitahu langsung oleh salah satu petinggi Google, Rick Osterloh, yang menjabat sebagai Wakil Presiden Senior Perangkat dan Layanan Google. Melalui akun Twitter, Osterloh mengatakan bahwa Google menyerah pada pasaran tablet. Walau begitu, bukan berarti Google akan berhenti mendukung mitra bisnisnya yang memproduksi tablet Android.

“Tim hardware pada Google hanya akan fokus untuk membuat laptop. Tapi jangan salah karena tim Android & Chrome OS berkomitmen 100 persen untuk jangka panjang, bekerja dengan mitra kami dalam memproduksi tablet untuk semua segmen pasa (konsumen, edu, perusahaan),” jelas Rick.

Dikutip dari Computerworld, Google juga dikabarkan akan menghentikan pengembangan tablet baru yang awalnya diproyeksikan akan menjadi penerus dari Pizel Slate. Pixel Slate akan menjadi satu-satunya tablet yang diproduksi oleh Google. Dari segi spesifikasi sendiri sebenarnya Pixel Slate bisa bersaing dengan tablet lain seperti Surface (Microsoft) dan iPad (Apple). Namun sistem operasi ‘Chrome OS’ yang digunakan, dinilai belum siap untuk bersaing.

Pixel Slate sendiri memiliki spesifikasi dengan layar sebesar 12,3 inci. Resolusinya 3.000 x 2.000 piksel (aspect ratio 3:2), dan memiliki kepadatan piksel 293 ppi. Pixel Salte juga diketahui menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-8 (hingga Core i7) dengan RAM 16 GB  dan media penyimpanan SSD hingga 256 GB.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/06/24/12100017/google-tak-akan-bikin-tablet-lagi