PlayStation 5 dikabarkan Akan Bisa Memainkan Game Playstation 1 Hingga 4

Bocoran mengenai konsol game penerus PlayStation 4 (PS4) yaitu Playstation 5 (PS5) kembali beredar di media sosial. Terdapat dokumen paten yang menyebutkan bahwa nantinya PS5 ini akan bisa menjalankan game lawas dari PS1 hingga PS4.

Paten tersebut menjelaskan teknologi terbaru “impersonating CPUID for backward compability” sudah didaftarkan ke kantor paten Jepang pada 20 Januari 2017, lalu Sony Interactive Entertainment mempublikasikannya pada 31 Januari 2019 lalu.

Dokumen paten menjelaskan bagaimana PS5 akan bisa menjalankan game lawas. PS5 ini akan menggunakan teknik emulasi, dimana akan berjalan seperti hardware konsol termasuk cara “spoofing” atau menampilkan ID prosesor sesuai dengan milik konsol original yang bersangkutan.

PS5 sendiri diprediksi akan menggunakan prosesor(CPU) dan GPU dengan arsitektur terbaru yang lebih cepat daripada pendahulunya. Namun bisa juga Sony kesulitan untuk membuat emulator game PS3 di PS4. Tetapi dengan keadaan paten terbaru, bisa diindikasikan bahwa Sony sudah menemukan caranya.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/02/06/12210097/playstation-5-bakal-bisa-mainkan-game-playstation-1-hingga-4.