Setelah Ponsel Lipat Lenovo akan Luncurkan Laptop dengan Layar Lipat

Isu mengenai laptop lipat memang sudah menjadi pembicaraan hangat sejak awal 2019. Isu lain mengenai Lenovo menjalin kerjasama dnegan LG untuk membuat layar luoat menggunakan layar OLED yang fleksible juga sudah terdengar sejak Oktober tahun lalu. Lenovo sendiri akhirnya memamerkan laptop terbaru dengan layar lipat yang akan masuk jajaran laptop ThinkPad X1.

Layar laptop ini mengusung panel OLED berukuran 13 inci dengan perbandingan 4:3 dengan resolusi layar 2K (1.920×1.080 piksel).Saat dilipat, laptop ini akan terlihat seperti buku catatan yang berukuran medium. Di dalamnya, prosesor yang akan mendukung laptop ini adalah Intel dengan sistem operasi Windows.

Lenovo berencana untuk merilis produk ini tahun depan. Lenovo akan menempatkan dua port USB-C di bagain sisi laptop dan sebuah kamera dengan inframerah. Lenovo juga berencana akan menggunakan SoC Lakefield berbasis inti Sunny Cove. Ketika laptop ini dibuka, ukuran yang dimiliki akan selear tablet Windows atau iPad Pro. Saat ditekuk, pengguna akan bisa menggunakan layar 9,6 inci, dengan bagian atas sebagai layar dan bagian bawah untuk mengetik dan menampilkan panel keyboard.

Selain menggunakan keyboard virtual, Lenovo juga berencana untuk memasangkan perangkat yang belum diberi nama dengan keyboard fisik yang dihubungkan dengan Bluetooth. Layar akan bisa ditegakkan dengan penopang di bagian belakang. Tampilannya nanti akan serupa dengan komputer desktop all-in-one mini. Lenovo juga akan melengkapi laptop dengan stylus milik Wacom.

Lenovo mengklaim bahwa produknya ini akan serupa dengan seri ThinkPad X yang mana harus lolos uji militer. Mereka akan menguji ketahanan engsel laptop hingga dua kali lebih berat dari seri laptop Yoga. Dilaporkan dari PCWorld bahwa engsel dari laptop ini juga dirancang agar tidak menekan atua merenggang panel layar lipat miliki LG.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190514080103-185-394635/setelah-ponsel-lipat-kini-muncul-laptop-dengan-layar-lipat