Teknologi Terbaru ini Membuat Sinyal WiFi 300 Kali Lebih Cepat

WiFi memang menjadi salah satu alternatif yang mudah ditemukan jika ingin berselancar di internet. Tempat umum yang ramai akan masyarakat seperti mal dan restoran biasanya sudah dilengkapi dengan WiFi.

Walau begitu, terkadang kecepatan dari sinyal WiFi tidak terlalu bagus. Ini karena banyaknya pengguna yang menggunakannya. Situasi inilah yang membuat peneliti asal Belanda mengembangkan teknologi untuk alternatif penggunaan WiFi menggunakan sinar cahaya individual.

Sinar ini memiliki kecepatan sangat tinggi, dan ini menjadi saluran pengantar informasi yang lebih baik. Sejumlah pengujian juga telah dilakukan. Peneliti menemukan bahwa dengan kecepatan WiFi yang menggunakan sinar cahaya individual justru lebih kencang 300 kali lipat dibanding WiFi pada umumnya. Kecepatan ini mencapai 112 Gigabit.

Teknologi ini juga tergolong lebih murah dan aman. Selain itu juga karena penggunaan sinar cahaya ini fokus di satu orang, sehingga celah untuk meretas jaringan internet sangat kecil. Namun teknologi ini juga belum sempurna. Ini karena ketika pengguna memindahkan perangkat, kita memerlukan mengirim gelombang lain untuk mencapai perangkat tersebut.

Untuk contoh kasus perbandingan jelasnya, jika kita memiliki data sebesar 40 Gigabit di DVD maka kita dapat mentransfer data dari tiga DVD dalam waktu satu detik saja. Para peneliti berharap bahwa teknologi ini bisa berkembang lebih luas dalam lima tahun ke depan.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3953650/dengan-teknologi-ini-kecepatan-wifi-bisa-300-kali-lebih-ngebut