Teknologi yang Diprediksi Akan Muncul Pada 2030

Teknologi memiliki peran penting dalam peradaban manusia. Teknologi juga sudah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Teknologi ini diperkenalkan secara bertahap, seperti smartphone, mobil otonomos, dan juga kecerdasan buatan.

Menurut laporan The World Economic Forum’s Global Agenda Council on the Future of Software &Society, terdapat sejumlah teknologi yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada 2025. Laporan ini diolah dari survei yang dilakukan kepada lebih dari 800 eksekutif dan ahli di berbagai bidang teknologi.

Dilansir dari Business Insider, berikut daftar pencapaian teknologi yang akan terjadi pada 2030.

  1. 90 persen populasi manusia akan memiliki penyimpanan data gratis dan tak terbatas. Penyimpanan data gratis ini didukung sepenuhnya oleh iklan. Salah satu yang memberikan akses memori tidak terbatas adalah Google Photos.
  2. 1 triliun sensor akan terhubung dengan internet pada 2022. Hampir semua perangkat dan produk fisik nantinya akan terhubung dengan internet.
  3. Ponsel implant komersial pertama akan hadir pada 2025. Teknologi perangkat implant yang sedang dikembangkan akan diprediksi hadir pada 2023, dan dua tahun setelahnya aka nada sekitar 80 persen responden memperkirakan bahwa ponsel yang diimplankan pada tubuh manusia akan tersedia untuk publik.
  4. 80 persen manusia akan memiliki identitas digital online pada 2023. Berdasarkan laporan yang ada, nantinya kehidupan digital akan terhubung dengan kehidupan nyata seseorang dan ini akan terus terhubung.
  5. 90 persen populasi global akan memiliki super komputer mini pada 2023. Banyak yang memilih menggunakan smartphone sebagai perangkat utama karena memiliki mobilitas yang tinggi. Pada 2023 diperkirakan terdapat 90 persen populasi yang akan terhubung ke internet lewat smartphone.
  6. Akses internet akan menjadi kebutuhan dasar manusia di 2024. 79 persen dari responden memperkirakan bahwa pada 2024, populasi di dunia memiliki akses internet regular. Upaya beberapa perusahaan seperti Google dan Facebook juga sedang menciptakan solusi untuk menghubungkan 4 miliar orang tanpa akses internet.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3861701/7-teknologi-ini-diramal-bakal-hadir-di-2030