Terhitung Sejak 13 Tahun Akhirnya Spotify Meraup Untung

Platform streaming Spotify baru saja mendapatkan kabar bahagia. Sejak berdiri pada 2006 silam, perusahaan asal Swedia itu akhirnya mendapatkan keuntungan untuk pertama kalinya. Dari laporan keuangan yang ada pada kuartal IV-2018, Spotify menyebutkan bahwa pendapatan operasional, laba bersih, dan juga aliran kas bebas, hasilnya semua positif. Pendapatan operasional yang didapatkan Spotify sekitar 1,5 triliun.

Sebelumnya, Spotify sudah diwanti-wanti mengenai kerugian akibat pengembangan akuisisi. Dilaporkan bahwa Spotify telah mengakuisisi dua pemain besar dalam podcast. Spotify menghabiskan dana sebesar Rp 5,6-7 triliun.

Dua pemain besar yang dimaksud adalah Anchor dan juga Gimlet Media. Anchor merupakan perusahaan yang memproduksi podcast dan Gimlet Media merupakan sebuah jaringan studio podcast. Total pengguna aktif bulanan pada Spotify diklaim mencapai 207 juta pengguna. Pengguna premium diklaim mencapai 96 juta pelanggan.

Spotify sendiri tidak menyantumkan jumlah pengguna non-premium, namun pada laporan Januari lalu menyebutkan bahwa pelanggan mencapai 113 juta pengguna. Ini masih hampir 2 kali lipat dari pelanggan Apple Music.

Sumber :

https://tekno.kompas.com/read/2019/02/08/15330017/pertama-dalam-13-tahun-spotify-raup-untung