Tips Aman Membersihkan Layar Laptop

Sebagai sebuah mesin yang sering digunakan, laptop merupakan alat yang perlu untuk sering dibersihkan. Berbeda dengan komponen lain seperti keyboard, untuk membersihkan layar laptop dibutuhkan kehati-hatian. Karena jika salah sedikit, bisa terjadi konslet.

Artikel kali ini akan memberikan tips aman untuk membersihkan layar laptop.

  • Matikan laptop.

Sebelum memulai untuk membersihkan layar laptop, maka disarankan untu mematikan laptop terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menghindari konsleting dan juga bahaya koneksi listrik. Dengan mematikan laptop juga dapat membuatmu mudah melihat debu.

  • Gunakan lap kering.

Untuk membersihkan debu, maka gunakanlah lap kering. Lalu bersihkan layar dengan perlahan dan hindari tekanan berlebih pada layar karena bisa meninggalkan goresan karena tekanan jari.

  • Gunakan kain lembut.

Selain menggunakan lap kering, gunakan juga kain lembut untuk menghindari bekas goresan dari bahan kain yang kasar. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan kain berbahan mikrofiber dan kain berbahan katun.

  • Semprotkan cairan pembersih ke kain.

Jika ingin hasil maksimal, maka kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk mengangkat debu.  Hindari menyemprot cairan pembersih ke layar laptop langsung. Semprotkan dahulu cairan ke kain lap. Menyemprotkan cairan langsung ke laptop bisa membuat layar terbakar maupun konsleting.

  • Biarkan layar kering secara alami.

Menggunakan alat pengering seperti hairdryer memang bisa membantu cepat kering. Namun akan berbahaya jika digunakan untuk mengeringkan layar laptop. Suhu panas dari hairdryer bisa membuat komponen internal pada laptip rusak. Maka disarankan untuk bersabar menunggu layar laptop benar-benar kering.

  • Pastikan layar kering sebelum digunakan.

Sebelum menggunakan laptop, maka pastikan layar laptop sudah benatr-benar kering dari bekas cairan pembersih. Ini untuk menghindari kerusakan komponen karena kelembapan atau sisa-sisa embun yang berada di layar.

Sumber :