Toyota dan JAXA sedang Menyiapkan Kendaraan Khusus Astronot di Bulan

Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) mengembangkan sebuah kendaraan otonom bertenaga surya yang akan dikirimkan dan juga digunakan di bulan. Kendaraan ini diburuhkan untuk eksplorasi para astoronot di permukaan bulan. Penjelajah nantinya akan memiliki total jarak jelajah permukaan bulan sejauh 10.000km.

Tujuan dibuatnya transportasi ini adalah untuk mencapai kemakmuran berkelanjutan bagi umat manusia, salah satunya adalah perluasan aktivitas manusia yang sedang fokus terhadap Mars dan Bulan. Toyota membuat kendaraan bulan ini seukuran minibus sehingga cukup untuk dua astronot untuk beberapa minggu perjalanan. Dibuatnya kendaraan ini juga agar astronot tidak perlu menggunakan baju ruang angkasa.

Di setiap misi, astronot akan menjelajah selama 42 hari. Kendaraan juga mampu menjelajah lebih dari 10.000 km ke lokasi berikutnya untuk menunggu misi selanjutnya. Kendaraan ini dinilai memiliki ketahanan yang cukup baik untuk menahan kerasnya lingkungan di Bulan. Ini termasuk radiasi tinggi dan suhu yang bervariasi hingga 300°C pada siang maupun malam.

Sebuah kabin bertekanan akan memunkinkan kendaraan untuk mengangkut para astronot melintasi jarak yang jauh dari permukaan bulan. JAXA berencana meluncurkan misi secepatnya 2029 dan misi kedua pada 2034.

Kendaraan ini sudah diuji coba di lima benua, dan akan mencoba percobaan keenamnya di Bulan. Melihat kondisi  Bulan, Wakil Presiden JAXA, Kichi Wakata berpendapat bahwa teknologi yang digunakan harus mampu menghadapi segala benturan. Tekanan kendaraan juga harus disesuaikan dengan gravitasi Bulan dimana hanya memiliki seperenam gravitasi bumi.

Sumber :

https://autotekno.sindonews.com/read/1390706/124/toyota-dan-jaxa-siapkan-kendaraan-astronot-di-bulan-1553737125