Transportasi untuk Olimpiade 2024 di Paris Gunakan Taksi Terbang

Kota Paris dilaporkan akan menggunakan sistem transportasi terbang untuk perhelatan acara Olimpiade 2024. Pelopor rencana ini adalah Airbus, Aeroports de Paris dan Paris Transport Authority. Dikutip dari Endgadget, Selasa (25/6/2019), tujuan dari rencana penggunaan taksi terbang ini adalah untuk memangkas waktu perjalanan pengunjung dari bandara ke pusat kota.

Taksi terbang ini akan digunakan dengan berbasis otonomos. Informasi tambahan, jika menggunakan kereta atau bus, perjalanan dari bandara Charles de Gaulle menuju kota saat ini diperkirakan sekitar satu jam. Dengan menggunakan taksi terbang, diperkirakan akan ditempuh lebih singkat.

Sejumlah hal sudah mulai disiapkan untuk mendukung kehadiran taksi terbang. Aeroports de Paris diminta untuk menentukan lokasi pusat taksi terbang untuk akhir 2019. Lokasi tersebut sudah siap dalam waktu 18 bulan. Pihak Airbus sendiri memiliki purwarupa kendaraan vertical take-off and landing (VTOL) yang tersedia dalam dua varian yakni single dan 4-seater.

Bukan hanya kesiapan dari teknologi maupun lokasi, namun pihak terkait harus memastikan bahwa kendaraan tersebut aman untuk digunakan. Berita ini menarik karena jika kota Paris berhasil menjalankan transportasi masa depan, maka teknologi ini memiliki kemungkinan besar untuk diterapkan di kota maupun negara lain.

Informasi tambahan, Uber sendiri saat ini sedang mempersiapkan taksi terbang online yang uji coba perdananya akan diadakan di Los Angeles dan Dubai pada 2020. Lalu, layanan umum Uber ini akan tersedia untuk umum dengan nama Uber Air pada 2028.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3996827/paris-bakal-gunakan-taksi-terbang-untuk-transportasi-olimpiade-2024