Youtube Uji Coba Ubah Tampilan Kolom Komentar

Kolom komentar biasanya akan sering kita lihat pada sebuah postingan, yang bertujuan untuk mengutarakan pendapat masyarakat. Namun, seiring majunya teknologi, terkadang kalimat bisa langsung diutarakan pada kolom komentar baik mengenai postingan yang disukai maupun tidak disukai.

Hal ini disadari oleh pihak Youtube, bahwa kebebasan berkomentar di internet perlu dibatasi. Pada awal tahun ini saja, platform video online tersebut telah mematikan kolom komentar di video anak-anak karena memicu aksi pedofilia.

Dilansir dari Engadget, Youtube berencana akan mengubah tampilan dan juga cara menggunakan kolom komentar. YouTube akan menyembunyikan kolom komentar tersebut. Hal ini pertama kali ditemukan oleh pengembang XDA. Dimana layout ini masih dalam tahap uji coba.

Kolom komentar yang terlalu mudah dijangkau membuat YouTube berpikir bahwa masyarakat terlalu seenaknya saat berkomentar. Biasanya, pengguna harus scrolling ke bawah video untuk menemukan kolom komentar. Namun, dalam tampilan yang baru ini, kolom komentar akan langsung berada di bawah video yang posisinya bersebelahan dengan tombol dislike dan share. Pengguna harus mengklik tombol comment terlebih dahulu sebelum memberikan komentar.

Penggunaan layout baru ini juga akan berimbas pada tombol Save for Later yang akan ikut tersembunyi. Jika membutuhkan fitur ini, pengguna nantinya bisa mengklik tanda panah ke bawah yang menampilkan deskripsi video. Belum jelas mengenai alasan YouTube melakukan hal ini, namun juru bicara YouTube mengatakan bahwa mereka hanya ingin memberikan pengalaman video yang maksimal bagi pengguna mereka.

Sumber :

https://www.liputan6.com/tekno/read/3996160/youtube-bakal-ubah-tampilan-kolom-komentar